Nama : Sidonius Zebua
NIM : 155610094
Pertemuan Ke-2
Penyajian
Data Dalam Tabel
A.Tujuan
Pada
pertemuan ke-2 ini mahasiswa di harapkan dapat:
1. Dapat menyajikan
data dalam bentuk tabel (case summaries)
2. Dapat menyajikan
tabel tabulasi silang.
B.Teori singkat
Penyajian data dalam bentuk tabel
berupa Case Summaries dan Custom Table.Bentuk tabel tersebut dapat menyajikan
data dalam tabel dengan niali statistik (count,maximum,minimum,sum,median dan
lainya).Sedangkan tabel tabulasi silang digunakan untuk menghitung frekuensi
dan persentase dua atau lebih fariabel secara sekaligus dengan cara
menyilangkan variabel-variabel yang di anggap berhubungan sehingga makna
hubungan dua variabel mudah di pahami secara deskriptif.
C.Pembahasan
1.Menyajikan
data dengan tabel case summaries
Keterangan:
JK
adalah data jenis kelamin karyawan dengan tipe numeric dengan value label 1=laki-laki,2=perempuan
Didik adalah pendidikan karyawan dengan tipe numeric dan
value label 1=SMA,2=D3,3=S1.
Jabatan adalah karyawan dengan tipe numeric dan value
label 1=satf,2=supervisor,3=manager
Gaji pokok adalah gaji pokok karyawan dengan tipe numeric
Setelah
dilakukan desain variabel,masukkan data seperti pada tabel.Simpan data dengan
nama file Lat1_Mod2.Untuk melihat tampilan
output dengan bentuk case summaries,dilakukan langkah berikut:
1.
Menu Analize
2.
Pilih Reports ; case summaries
3.
Pindahkan semua variabel dari sebelah kiri ke sebelah
kanan dengan klik tanda panah.
4.
Klik OK
Untuk menyajikan ringkasan suatu variabel
berdasakan salah satu kriteria digunakan case summaries dengan menggunakan
grouping variable(s).Dengan menggunakan data yang telah dibuat dan akan
ditampilakan data variabel jabatan
berdasar pendidikan.
Langkah
yang dilakukan adalah sebagai berikut ;
1.
Buka data file Lat1_Mod2
2.
Pilih menu Analyze,kemudian pilih submenu reports,lalu
pilih case summaries.
3.
Kemudian akan muncul kota dialog.
Isikan variabel jabatan ke kota
variabels dan didik ke kotak grouping
variabel (s)
4. Klik pada pilih statistics
Pilihan statistics meliputi berbagai
ukuran untuk menggambarkan data (statistic deskriptif).Untuk modul ini dipilih
default yang ada,yaitu number of cases.
Analisis:
Output bagian pertama
(cases processing summary).Terlihat 12 data proses karena tidak ada yang
missing (hilang).
Output bagain kedua (cases
summaries).Tampak kolom output diisi dengan jabatan (staff,supervisor,dan
manager),sedangkan pada baris diisi dengan data 12 karyawan yang di bagi
berdasarkan pendidikannya (didik).Ciri cases summaries ini adalah setiap data
akan di tampilkan sesuai dengan kriteria yang ada pada kolom.
Seperti pada karyawan
nomor 1 adalah karyawan dengan tingkat pendidikan SMA dengan jabatan
staff.Sedangkan karyawan nomo 5 merupakan karyawaan dengantingkat pendidikan D3
dengan jabatan supervisor,dan seterusnya.untuk bagian tingkatpendidikan hanya
di tampilkan banyaknya jumlah data yang sesuai dengan kriteria yang sudah di berikan.
2.Menyajikan data dengan custom table
Custom table di gunakan untuk menyajikan
data menurut keinginan pengguna.Sebagai contoh dengan di tampilkannya Jabatan berdasarkan pendidikan per gaji
pokok.
Langkah-langkah
yang di lakukan untuk membentuk custom table tersebut adalah sebagai berikut :
1.
Buka file Lat1_Mod2
2.
Pilih menu Analyze,kemudian
pilih submenu tables,lalu custom tables.
3.
Kemudian akan muncul kota dialog.
4.
Lakukan drop&drag pada columns untuk variabel jabatan,kemudian diikuti didik
5.
Lakukan drop&drag pada rows untuk variabel Gjpokok
6.
Jika ingin dilakukan pemisahan informasi laki-laki dan
perempuan,drag&drop JK pada
bagian layar
7.
Klik ok
Analisis:
Output custom table bagian
pertama memperlihatkan data gaji pokok kryawan sesuai pendidikan dan jabatannya
untuk jenis kelamin laki-laki.Untuk setiap hasil akan di hitung jumlahnya
dengan dapat di lihat pada bagian count,yang akan menghitung satu persatu
karyawan sesuai kriteria yang telah diberikan.
3.Menyajikan data dalam tabulasi silang (crosstab)
Tabulasi silang meliputi baris
dan kolom.Data dalam penyajian crosstab adalah data kualitatif,khususnya yang
bersekala nominal.
Pada praktik ini akan di buat crosstab antara jenis kelamin dengan jabatan
karyawan.
Langkah-langkah yang di lakukan untuk membentuk crosstab tersebuat adalah
sebagai berikut :
1.
Buka file Lat1_Mod2
2.
Pilih menu analyze,kemudian
pilih submenu desciptive statistics,lalu
crosstab.
3.
Isi row dengan variabel jabatan dan coloumns dengan
variabel JK .
4.
Abaikan perintah yang lain.klik ok
Analize:
Output bagian pertama menyatakan
bahwa seluruh 12 data karyawan valid untuk di lakukan proses crosstab.
Output bagian ke dua adalah
hasil crosstab,dengan isi baris adalah jenis kelamin,sedangkan kolom adalah
jabatan karyawan.Dari crosstab tampak bahwa karyawan laki-laki sama banyaknya
dengan karyawan perempuan (sama-sama berjumlah 6),dan karyawan pria paling
banyak sebagai staff (4 orang).Sedangkan karyawan perempuan paling banyak
sebagai supervisor (3 orang).
contoh hasil table :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar