MATERI PTI
A.PENGERTIAN KOMPUTER
Komputer adalah alat yang dipakai untuk
mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.Kata computer semula
dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan
aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata
ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan
informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi
komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Dalam definisi seperti itu terdapat
alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abacus dan
seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih
baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses
informasi” atau “sistem pengolah informasi.”
1.Memori
Di sistem ini, memori adalah urutan
byte yang dinomori (seperti “sel” atau “lubang burung dara”), masing-masing
berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk
mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang
diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi
salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi
perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka
biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan
dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah
angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf F disimpan sebagai angka
desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu metode pemecahan.
Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan gambar, suara,
video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu
sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa ditulis
kembali lebih jutaan kali – memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan
kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena
yang tidak dapat dihapus.
Ukuran masing-masing sel, dan
jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam
pembuatan memori sudah berubah secara hebat – dari relay elektromekanik, ke
tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik
terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit
terpadu dengan jutaan transistor di atas satu chip silikon.
2. Pemrosesan
Unit Pengolah Pusat atau CPU
berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan
laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga
akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storan bagi melaksanakan a
ahanarahan berkaitan.
Contoh sebuah CPU dalam kemasan
Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang melakukan
pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan, pengurangan, dan
semacamnya),pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan perbandingan (misalnya,
membandingkanisi sebanyak dua slot untuk kesetaraan). Pada unit inilah
dilakukan “kerja” yang nyata.
Unit kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan
ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang
diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke
lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah
berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu
adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer
bahwa perintah berikutnya
ditempatkan di lokasi lain).
3. Input dan hasil
I/O membolehkan
komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di
sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai
macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih
tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat
masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu
macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem computer digital.
Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh
pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh
sistem pengolah data.
4. Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas
bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah
terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang
dipahami kebanyakan komputer ialah “menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di
sel 456″, “menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel 013″,
dan “jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel 345″.
Instruksi diwakili dalam komputer
sebagai nomor – kode untuk “menyalin” mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu
himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai
bahasa mesin komputer. Dalam prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah
untuk komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa
pemrograman “tingkat tinggi”
yang kemudian diterjemahkan ke
dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program computer khusus (interpreter
dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa
mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti
Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan
sebenarnya oleh mesin
(bahasa tingkat tinggi).
5. Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU
dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang dikenal sebagai Central
Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer ditempatkan di atas
beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang menempati sebagian
besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk
menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar
berbeda dari model di atas di satu hal utama – mereka mempunyai beberapa CPU
dan unit kontrol yang bekerja secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa
komputer, yang dipakai sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran
ilmiah, sudah berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah
menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip
sebenarnya cukup sederhana. Komputer mencapai perintah dan data dari memorinya.
Perintah dilakukan, hasil disimpan, dan perintah berikutnya dicapai.Prosedur
ini berulang sampai computer dimatikan.
6. Program
Program komputer adalah daftar
besar perintah untuk dilakukan oleh komputer, barangkali dengan data di dalam
tabel. Banyak program komputer berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah
itu dilakukan berulang kali. Suatu [[Personal computer[PC]] modern yang umum
(pada tahun 2003) bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik.
Komputer tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk
melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah sederhana
yang diatur oleh orang pandai, “programmer.”
“Programmer Baik memperkembangkan
set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di
layar) dan lalu membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain.”
Dewasa ini, kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program
sekaligus. Ini biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya,
CPU melakukan perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU
beralih ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang
kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (timeslice). Ini
menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan
memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah
rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang
biasanya menguasai kali ini membagikan
7. Sistem operasi
Sistem operasi ialah semacam
gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat
dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah
bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang
mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga
memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu
mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
8. Penggunaan Komputer
Komputer digital pertama, dengan
ukuran dan biaya yang besar, sebagian besar mengerjakan perhitungan ilmiah.
ENIAC, komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan table ilmu
balistik untuk persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron
untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan
ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala
dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah
pertimbangan akan gagal). CSIR Mk I, komputer pertama Australia, mengevaluasi
pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek
pembangkitan hidroelektrik besar. Yang lainnya juga dipakai dalam
kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus,
dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka
bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan
penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan
perusahaan besar juga memakai komputer untuk
mengotomasikan banyak koleksi data
dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia – misalnya,
memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan,
ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisa mereka sendiri.
Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang lebih
kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak
komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer
kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu
lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di
1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi
populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak
dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan
spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas
komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak
maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya
dengan mengatur memprogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain
seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri.
Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah,
membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan
anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat
listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi
pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini cenderung
kepada akan terus.
9. Bagian-bagian computer
Komputer terdiri atas 2 bagian
besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras
(hardware).
Perangkat keras
¡ Prosesor atau CPU sebagai
unit yang mengolah data
¡ Memori RAM, tempat menyimpan
data sementara
¡ Hard drive, media
penyimpanan semi permanen
¡ Perangkat masukan, media
yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh
¡ CPU, seperti mouse, keyboard,
dan tablet
¡ Perangkat keluaran, media
yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan
¡ CPU, seperti monitor dan
printer
Perangkat lunak
¡ Sistem operasi
¡ Program dasar pada komputer
yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer.
¡ Sistem operasi yang biasa
digunakan adalah Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem
¡ operasi termasuk (namun
tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi input,
¡ output, pemrosesan,
memori, serta instalasi software.
¡ Program komputer
¡ Merupakan aplikasi tambahan
yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya
Slot pada computer
¡ ISA/PCI, slot untuk masukan
kartu tambahan non-grafis
¡ AGP/PCIe, slot untuk
masukan kartu tambahan grafis
¡ IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard
drive/ODD
¡ USB, slot untuk masukan
media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang
¡ dapat dihubungkan ke
komputer dan langsung dapat digunakan)
10. Jenis computer
¡ Komputer analog
¡ Komputer pulsa
¡ Mikrokomputer
- Komputer rumah (home computer)
- Komputer pribadi (PC)
- Server
¡ Minikomputer
¡ Mainframe computer
¡ Superkomputer
B.MANFAAT KOMPUTER
- Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer sebagai alat
pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based Education). Peranan
komputer dalam pendidikan menurut Robert Taylor :
- TUTOR : sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer
- TOOL :alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran dan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya.
- TUTEE :. berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Contoh :e-library, e-learning,
teleconference
- Bidang Industri dan Manufaktur
Komputer digunakan untuk mengontrol
mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya:
-
CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan
-
CAM (Computer Aided Manufacture)
-
CAD (Computer Aided Design) : merancang bentuk (desain) produk yang akan
dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik
-
mesin-mesin dalam industri garmen yang dilengkapi dengan kontrol komputer,
misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainya
-
Robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri
yang dikontrol oleh computer
- Bidang Bisnis dan Perbankan
Perdagangan barang maupun jasa
komputer akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin,
periodik, maupun insidentil dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.
-
Sistem Informasi Manajemen (SIM)
-
Mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kontrol
komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh pihak manajer
-
Scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori
dan sebagainya.
Di bidang perbankan
-
Penghitungan keuangan dan bunga
-
Layanan keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM
- Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer sangat bermanfaat untuk
perhitungan-perhitungan yang sulit dan membutuhkan presisi tinggi yang
tidak mungkin dilakukan oleh manusia. Misalnya:
-
Keperluan penelitian dan riset melalui simulasi dengan komputer
-
membuat model reaktor nuklir
-
membuat model-model atom dan molekul
-
mempelajari keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
Dalam bidang bioteknologi,
peralatan-peralatan kultur telah banyak yang dilengkapi dengan kontrol komputer
untuk mengusahakan ketelitian kerja pada ruang steril.
Pada bidang teknik sipil komputer
digunakan untuk menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan, bidang
arsitektur komputer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga
dimensi.
- Bidang Entertainment dan Games
Bidang entertainment misalnya untuk
pembuatan animasi, periklanan, settting, bahkan untuk bermain musik.
Di bidang Permainan komputer bisa
digunakan untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan
audiovisual yang menarik dan memberikan special efect.
- Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)
Segala sesuatu yang dibutuhkan
tersedia pada internet baik yang gratis maupun membayar. Dengan internet
manusia bisa melakukan komunikasi data teks, gambar, video, suara, bahkan
komunikasi audiovisual secara langsung.
Pengguna internet bisa mencari
informasi apa saja yang dibutuhkan misalnya : informasi berita, buku dan
perpustakaan, kencan dan perjodohan, belanja on-line, chatting,
memutar radio, musik, bermain games,saling menukar informasi dan data (mail),
konsultasi, pooling, periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain
dari jarak jauh, pesan kamar hotel, tiket pesawat, dan sebagainya.
Pengertian Teknologi Informasi ( TI
)
1.Menurut Haag dan
Keen ( 1996 )
Teknologi Informasi adalah
seperangkat alat yang membantu manusia bekerja dengan informasi dan melakukan
tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi
2.Menurut Martin (
1999 )
Teknologi Informasi tidak
hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak)
yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup
teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi
3.Menurut Williams
dan Sawyer ( 2003 )
Teknologi Informasi adalah
teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi
berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video
Teknologi Informasi adalah gabungan
antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.
Teknologi Informasi
sangat diperlukan dalam kehidupan kita, hal ini dikarenakan:
1.Kompleksitas
tugas manajemen
2.Pengaruh globalisasi
3.Perlunya response
time cepat
4.Tekanan
persaingan bisnis
Hidup Tanpa
Komputer :
Contoh kecilnya :
Supermarket memiliki komputer yang
membuat pekerjaan lebih mudah dilihat kasir. Tanpa mereka, mencatat semua
barang bisa drive orang gila.Saya percaya
bahwa ini sudah cukup untuk membuktikan suatu hal. Komputer sangat diperlukan
dan tanpa mereka kami akan kembali ke Zaman Batu. Segala sesuatu yang
elektronik didasarkan pada menjaga komputer mereka di jalur dan memastikan
bahwa mereka beroperasi dalam parameter yang optimal.
Keuntungan Dan Kerugian Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)
Kemajuan yang telah dicapai manusia
dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan sesuatu yang
patut kita syukuri karena dengan kemajuan tersebut akan memudahkan manusia
dalam mengerjakan pekerjaan dan tugas yang harus dikerjakannya. Namun, tidak
semua kemajuan yang telah dicapai tersebut membawa dampak positif. Diantara
kemajuan yang telah dicapai tersebut ternyata dapat membawa dampak negatif bagi
manusia. Dibawah ini akan dipaparkan dampak positif (keuntungan) dan
negatif(kerugian) dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
dalam bidang sosial, pendidikan, ekonomi, dan pemerintahan.
A. Dalam Bidang Sosial
Keuntungan :
- Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
Kerugian :
- Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
- Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.
- Dengan pesatnya teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
- Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
- Maraknya cyber crime yang terus membayangi seperti carding, ulah cracker, manipulasi data dan berbagai cyber crime yang lainnya
- Menurut Paul C Saettler dari California State University, Sacramento, Satu hal yang pasti, interaksi anak dan komputer yang bersifat satu (orang) menghadap satu (mesin) mengakibatkan anak menjadi tidak cerdas secara sosial.
B. Dalam Bidang Pendidikan
Keuntungan :
- Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
- Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
- Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
- Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
Kerugian :
- Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
- Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
- Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
C. Dalam Bidang Ekonomi
Keuntungan :
- Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
- Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
- Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
Kerugian :
- Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang berupa penipuan-penipuan.
- Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.
D. Dalam Bidang Pemerintahan
Keuntungan :
- Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
- e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
- Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
Kerugian :
- Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar